Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi  Kecanduan Bermain Game Online Gratis

Game Online Gratis
Game Online Gratis

Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi  Kecanduan Bermain Game Online Gratis – Bermain game memang menjadi sarana hiburan yang cocok untuk anak. Saat bermain sendirian game online menjadi alternatif yang bisa digunakan untuk anak senang bermain karena pada permainan tradisional selalu dibutuhkan teman untuk memainkannya. Sedangkan pada permainan online, anak bisa mengaksesnya dan memainkannya meskipun tanpa teman.

Apakah baik jika membiarkan anak kecanduan bermain game? Apalagi pada usia anak-anak ini waktu yang baik bagi anak belajar dan berkembang karena menginjak usia emas. Daya ingat dan daya tangkap yang dimiliki oleh anak ini sedang bagus-bagusnya, apabila dijejalkan permainan secara terus menerus akan membuatnya menjadi pribadi yang malas untuk belajar.

Game online memiliki sisi positif dan negatif, akan berdampak negatif apabila Anak mulai kecanduan bermain game online selama berjam-jam hingga melupakan aktivitas berharga untuk masa depannya kelak. Berikut ini beberapa ciri-ciri yang menunjukkan anak mulai kecanduan Game Online Gratis.

READ  6 Rekomendasi Game Berburu Terbaru dan Terbaik6 Rekomendasi Game Berburu Terbaru dan Terbaik

Ciri-Ciri  Kecanduan Game  Pada Anak

Memanglah bermain ini salah satu yang sangat disukai oleh anak-anak, tetapi Anda pun juga harus mengetahuinya perihal dampak baik dan dampak buruk yang ditimbulkan dari lamanya bermain bagi kesehatan anak. Ciri-ciri kecanduan game ini bisa Anda lihat pada perilaku anak, seperti halnya berikut ini:

Saat bermain menghabiskan waktu yang sangat lama, bahkan durasi bermain meningkat dari hari ke hari.

Mudah marah dan tersinggung saat diminta untuk berhenti bermain game barang sejenak.

Tidak bisa fokus dalam menjalankan aktivitas lainnya.

Selalu tertarik untuk bermain game terus.

Bermain Game Online Gratis dipercaya mampu memberikan kepuasan yang berlebih apabila saat permainan menang. Hal ini terjadi karena terjadi pelepasan hormon dopamin yang ada di otak. Hormon ini merupakan hormon yang merangsang perasaan senang ketika seseorang mencapai suatu kesuksesan tertentu. Adanya pelepasan hormon inilah yang dapat menyebabkan anak menjadi kecanduan terhadap game, karena baginya game bisa membuatnya senang.

READ  6 Rekomendasi Game Android Mirip DOTA

Cara Membuat Anak Berhenti Kecanduan

Menetapkan Durasi Bermain

Saat anak mulai kecaduan dengan bermain game online, tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, cobalah untuk sedikit demi sedikit mengurangi waktu dalam bermain game online.  Membatasi durasi bermain bukan berarti tidak memperbolehkan anak bermain, tetapi tetapkan jam-jam atau durasi tertentu yang menjadi kesepakatan agar anak tidak lagi candu terhadap permainan.

Mengurangi Secara Perlahan

Nah, setelah adanya pengaturan durasi Anda bisa menguranginya secara perlahan, misalnya dengan mengurangi beberapa menit setiap harinya. Pengurangan durasi ini pun dapat membantu anak terlepas dari candu pada game online, sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya.

Mengurangi Game Online Gratis secara perlahan ini pun menjadi langkah yang cukup mudah untuk ditempuh dan dibiasakan. Sehingga tidak langsung lepas tidak bermain game, tetapi tetap memberinya waktu untuk bermain namun dengan mengurangi durasinya. Akan sangat berbahanya jika langsung melepasnya begitu saja bagi orang yang sudah candu. Ia dapat mengalihkan emosinya untuk hal lain yang dapat memberikan kebahagiaan yang setara dengan hal tersebut.

READ  Inilah  Game Belajar Bahasa Inggris Offline yang Bisa Dicoba

Buat Tekad Anak Berhenti Bermain

Selanjutnya tekankan pada anak untuk berhenti bermain atau paling tidak bermain dengan jarang. Anda bisa coba mengajaknya bermain mainan tradisional ataupun mengganti aktivitasnya dengan yang lain. Memberinya kesibukan ini dapat membantu anak melupakan permainannya, tetapi jangan lupa untuk memberinya ruang gerak dan ruang istirahat untuknya sendiri.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak dapat berhenti bermain Game Online Gratis. Selain berpengaruh pada kehidupan masa depannya, anak juga dapat mengalami gangguan saraf. Bertatapan dengan alat eletronik yang memiliki gelombang cahaya dalam durasi yang lama ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

You May Also Like

About the Author: Admin